Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Ala Pramugari“Berapa berat badan kamu?” Pertanyaan itu adalah hal sensitif bagi sebagian besar kaum wanita. Berat badan merupakan hal yang harus dijaga bagi wanita, terutama bagi yang berprofesi sebagai seorang pramugari. Seorang pramugari dituntut untuk selalu cantik, tinggi, langsing, ramah dan murah senyum. Sementara sebagian besar hari seorang pramugari bepergian ke seluruh negeri dan dunia, sehingga terkadang gagal mempertahankan pola hidup sehat dan olahraga teraatur yang pastinya akan berdampak pada masalah berat badan maupun psikisnya. Lalu, bagaimana cara mereka mengatasinya?

Pengaruh Berat Bagi Seorang Pramugari

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang pramugari banyak menggunakan fisiknya seperti membawa beban, keluar masuk melewati pintu, melewati lorong pesawat tanpa mengganggu penumpang serta dibutuhkan stamina yang kuat untuk berdiri dalam waktu yang lama. Sehingga kegemukan akan sangat menyulitkan bagi pramugari ketika membantu penumpang. Oleh karena itu, pramugari harus bisa menjaga berat badannya agar tetap ideal. Maskapai Indonesia tidak memberikan kriteria berat badan minimal kepada pramugari karena menyesuaikan dengan tinggi badan mereka masing-masing. Sedangkan untuk tinggi badan minimal pramugari Indonesia umumnya 160 cm. Karena itulah walaupun sudah menjadi pramugari bukan berarti berhenti menjaga kesehatan dan bentuk tubuh yang baik. Pramugari harus tetap menjaga pola makan dan mempertahankan berat badan idealnya secara berkala. Setiap tahunnya pramugari diwajibkan melakukan medical check up apakah masih valid untuk terbang atau tidak. Tidak jarang pramugari diberhentikan hanya karena masalah kelebihan berat badan.

Tips Menjaga Berat Badan Ideal Ala Pramugari

  1. Konsumsi Buah

Buah adalah pilihan yang paling tepat untuk dikonsumsi agar berat badan dapat terjaga. Buah-buahan merupakan makanan alami yang memiliki banyak kandungan gizi, vitamin dan mineral sehingga sangat baik bila dikonsumsi setiap hari. Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal ala pramugari sangat disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya dan kiwi. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin, zat besi, kalium dan riboflavin yang tinggi. Kandungan lemak pada pepaya sangat rendah dan juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga sangat bagus untuk membantu proses diet agar berat badan tetap ideal. Selain itu, disarankan juga untuk memilih buah kiwi. Buah kiwi memiliki serat dan antioksidan tinggi serta kalori yang rendah. Sehingga sangat membantu dalam proses diet.

  • Konsumsi Sayuran

Selain buah-buahan, mengonsumsi sayuran juga tidak boleh ditinggalkan. Kandungan serat yang tinggi serta vitamin dan mineral sangat penting bagi tubuh untuk membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Sayuran yang cocok untuk penurun berat badan diantaranya sayuran hijau, kentang, labu, kubis, brokoli, kembang kol, dll. Diet adalah membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Sehingga perlu dipastikan ketika mengonsumsi sayuran adalah sayuran rendah kalori.

  • Kurangi Konsumsi Nasi

Nasi adalah makanan pokok bagi orang Indonesia. Walaupun sudah makan banyak jenis makanan tetapi belum makan nasi itu belum disebut dengan “makan”. Tetapi, jika kamu berprofesi sebagai pramugari, tidak makan nasi 1-2 hari bahkan berbulan-bulan terkadang harus dilakukan supaya berat badan tetap terjaga. Namun, gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh harus tetap diperhatikan. Walau tidak makan nasi bisa mengonsumsi roti dan buah sebagai pengganti nasi.

  • Lakukan Diet Herbal

Mengonsumsi teh hijau adalah salah satu diet herbal yang bisa dilakukan. Teh hijau mengandung antioksidan, mineral dan vitamin yang dapat melancarkan metabolisme tubuh. Teh hijau ini sangat berperan dalam menjaga berat badan tetap ideal karena mampu menghambat berkembangnya sel lemak. Selain teh hijau, minuman herbal lain seperti kayu manis, jahe, serai dan cengkeh juga baik dalam program diet.

  • Rutin Olahraga

Olahraga adalah tips menjaga berat badan paling murah. Bisa dilakukan dari yang paling ringan seperti jogging, lompat tali, bersepeda, gym dan lainnya. Menjaga berat bedan tetap ideal dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara olahraga teratur.

Baca juga : Syarat Utama Menjadi Seorang Pramugari

Sekolah Penerbangan Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Tapi tenang, saat ini ada sekolah pramugari seperti PSPP Penerbangan yang telah terakreditasi A. Disini kamu berkesempatan untuk menambah wawasan dan ilmu tentang kepramugarian. Ditambah lagi jika sebelumnya kamu mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP, peluang kamu untuk masuk di maskapai penerbangan lebih besar. Mau tahu caranya? Gabung segera di PSPP Penerbangan dan daftarkan dirimu.

Informasi Pendaftaran:

Panitia All Cabang PSPP (Jakarta, Lampung, Makassar & Yogyakarta)

WhatsApp: +62 819-0379-9171 (Eva)

Instagram: @pspp.aviation

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penanggung Jawab Website


WhatsApp: +62 819 0379 9171

Instagram: @pspp.aviation

Alamat: Jl. Seturan Raya No.13B Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta. Telp./Fax:0274-486287